Pengertian stress adalah,gejala dan penyebab stress.

Pengertian stress adalah,gejala dan penyebab stress.

pengertian stress

Pengertian stress adalah

secara umum

Stress adalah suatu bentuk ketegangan yang tejadi pada fisik,psikis maupun mental seseorang yang dapat mempengaruhi turunya tingkat kesehatan dan produktivias ..

stress dari segi psikologis dapat diartikan sebagai gangguan mental seseorang yang disebabkan oleh tekanan yang terjadi dari dalam dan luar

 

Dari pengertian stress diatas dapat disimpulkan bahwa stress adalah suatu bentuk ketengagan yang terjadi karena tekanan dari dalam maupun luar, yang menyebabkan ganguan mental seseorang terganggu dan mempengaruhi kesehetan mental dan psikis seseorang ..

 

Pengertian stress menurut para ahli..

Untuk lebih memahami pengertia stress mari kita simak penjabaran dari beberapa ahli tentang pengertian stress..

1.Robbins

pengertian stress adalah suatu kondisi yang menekan keadaan psikis seseorang dalam mencapai suatu kesempatan dimana untuk mencapai kesempatan tersebut terdapat batasan atau penghalang.

Dari penjabaran diatas bias dikatakan bahwa stress dapat menganggu tingkat produktivitas seseorang dalam mencapai sesuatu yang ingin kita capai..

2.Woolfolk dan Richardson

menyatakan bahwa adanya system kognitif, apresiasi stress menyebabkan segala peristiwa yang terjadi disekitar kita akan dihayati sebagai suatu stress berdasarkan arti atau interprestasi yang kita berikan terhadap peristiwa tersebut, dan bukan karena peristiwa itu sendiri.Karenanya dikatakan bahwa stress adalah suatu persepsi dari ancaman atau dari suatu bayangan akan adanya ketidaksenangan yang menggerakkan, menyiagakan atau mambuat aktif organisme

3.Handoko

stress adalah suatu kondisi ketegangan yang mempengaruhi emosi, proses berpikir dan kondisi seseorang. Stress yang terlalu besar dapat mengancam kemampuan seseorang untuk menghadapi lingkungannya

4.sarafino

Stress adalah kondisi yang disebabkan oleh interaksi anatar individu dengan lingkungan,menimbulkan persepsi jarak antara tuntutan-tuntutan yang berasal dari situasi yang bersumber pada system biologis,psikologis dan social dari seseorang

5.Ardani

Stress adalah suatu keadaan tertekan baik itu secara fisik maupun psikologis

6.Richard

Stress adalah suatu proses yang menilai suatu peristiwa sebagai suatu ancaman ataupun membahayakan dan individu merespon peristiwa itu pada level fisiologis,emosional,kognitif dan perilaku.

7.Compas

Stress adalah suatu konsep yang mengancam dan konsep tersebut terbentuk dari perspektif lingkungan yang di transaksikan.

8.Baum

Stress adalah pengalaman emosional yang negative yang disertai dengan perubahan-perubahan biokimia,fisik,kognitif dan tingkah laku yang diarahkan untuk mengubah peristiwa stress tersebut atau mengakomodasikan dampak-dampaknya.

9.Dilawati

Stress adalah suatu perasaan yang dialsmi apabila seseorang menerimsa tekanan.

10.lazarus dan Folkman

Stress adalah suatu kondisi seorang individu yang dipengaruhi oleh lingkungan..

 

Gejala stress

penyebab stress

 

Ketika seseorang mengalami stress maka akan timbul suatu gejala yang menandakan bahwa seseorang tersebut terkena stress..

ada beberapa gejala stress yang akan dialami oleh seseorang

 

1.gejala fisikal : gejala stress yang berkaitan dengan kondisi dan fungsi fisik atau tubuh seseorang ..

Contoh gejala fisik..

  • sakit kepala
  • tidur tidak teratur
  • nafsu makan menurun
  • mudah lelah
  • telapak tangan berkeringat
  • jantung berdebar
  • sakit perut

2.gejala emosional : gejala stress yang berkaitan dengan keadaan psikis dan mental seseorang..

Contoh gejala emosional

  • susah berkonsentrasi
  • daya ingat menurun
  • produktivitas kerja menurun
  • sering merasa jenuh
  • mudah marah atau tersinggung
  • sering gelisah dan cemas

3.gejala intelektual :gejala stress yang berkaitan dengan pola piker seseorang..

Contoh gejala intelektual

  • malas mengerjakan tugas sekolah atau kuliah
  • prestasi sekolah menurun
  • kurang semangat pada saat belajar

4.gejala interpersonal :gejala stress yang mempengaruhi hubungan dengan orang lain,baik didalam maupun luar rumah..

Contoh gejala interpersonal

  • suka menyendiri dan jauh dari aktivitas lingkungan sekitar
  • acuh terhadap teman
  • komunikasi yang tidak baik dengan teman atau keluarga
  • mudah tersinggung atas perkataan orang lain

 

nah dari gejala diatas adakah salah satu ciri yang kamu rasakan..

kenali gejala stress secepat mungkin agar kamu dapat mengatasi stress dengan cara yang benar..

jangan anggap sepele stress karena dapat berdampak negative untuk kesehatan jasmani dan rohani kita..

 

penyebab stress

ada beberapa hal yang menyebabkan kita stress mulai dari factor internal dan eksternal
dengan mengetahui factor penyebab stress kamu dapat segera mencegah agar tidak terkena stress pada tingkat yang berat..

mari kita simak beberapa hal yang menjadi penyebab stress..

1.Tekanan kerja yang tinggi dengan porsi kerjaan yang sangat banyak

cara mengatasi stress

Sudah sangat umum dan klasik jika tekanan kerja menjadi factor utama penyebab stress,selain karena tuntutan yang tinggi dan pekerjaan yang monoton maka rasa jenuh dan bosan pasti menghampiri kita..

datang ke kantor dan langsung dihadapkan dengan deadline,belum lagi tuntutan yang super perfeksionis dari atasan kita

Ditambah lagi kita harus menghadapi berbagai macam karakteristik client maupun rekan kerja yang pasti memiliki beragam sifat yang berbeda-beda..

Hal akan membuat kita tertekan secara psikis dan mental..

2.Problem finansial

Pengertian stress adalah,gejala dan penyebab stress.

Pernahkah Anda mendengar, seseorang memilih mengakhiri hidupnya lantaran kesusahan ekonomi? Atau, jangan-jangan Anda sendiri pernah mengalaminya? Saya yakin, tak jarang juga Anda menyaksikan di televisi betapa isu finansial memengaruhi kehidupan manusia. Tidak hanya menjadi penyebab bunuh diri, masalah ekonomi bahkan menyebabkan seseorang berperilaku kriminal. Banyak kasus di mana seorang pencuri terdorong melakukan aksinya karena kesulitan ekonomi. Ada juga yang nekad merampok, menjambret, dan menipu juga gara-gara masalah uang. Sungguh faktor ekonomi telah membuat banyak orang tertekan, yang selanjutnya membuat mereka stres. Stres inilah yang pada akhirnya melahirkan perilaku-perilaku yang destruktif seperti tersebut di atas.

3.Hubungan personal

akibat stress

 Hubungan personal dengan seseorang, yang rumit, sulit, atau pun menemui kegagalan juga dapat menjadi tekanan yang bahaya bagi psikologis Anda. Stres dapat mucul karenanya. Dampak yang timbul dari stres karena hubungan personal biasanya berupa lemahnya kejiwaan, mudah berprasangka buruk, mudah tersinggung, merasa tertindas, dan merasa tersaingi.

4.Hubungan sosial

cara mengatasi stress berat

 Berinteraksi dengan lingkungan, bertemu macam-macam orang seringkali membuat Anda tertekan. Anda harus menghadapi orang yang menuntut Anda untuk melakukan A, sementara hati Anda menginginkan B. Lingkungan menuntut Anda menjadi apa yang bukan diri Anda. Akhirnya, Anda pun berontak.

Kesiapan Anda menghadapi kemungkinan yang bakal terjadi manakala Anda berontak memengaruhi kadar stres yang Anda alami. Semakin siap, kadar stres semakin berkurang. Sebaliknya, semakin tidak siap, kadar stres akan semakin tinggi.

5.Penyakit

 Hati-hati! Stres bisa memperparah penyakit yang Anda derita. Karena penyakit yang tak kunjung sembuh, Anda pun mulai tertekan, entah karena penyakit itu sendiri, biaya pengobatan yang mahal, atau pikiran bahwa semakin hari sakit yang Anda derita semakin merepotkan diri dan keluarga Anda. Stres pun muncul. Akibatnya, penyakit Anda semakin parah. Stres bisa menjadi penyebab sekaligus akibat bagi penyakit Anda. Stres merupakan lingkaran setan yang dapat membunuh Anda secara perlahan!

6.Kegagalan

stress berat

 Terobsesi dengan keinginan merupakan hal yang baik. Keinginan dan impian adalah bukti kegairahan hidup Anda. Keinginan dan impian adalah sumber kehidupan Anda. Namun demikian, tidak mungkin Anda meraih impian secara instan. Hasil tidak jatuh dari langit. Orang Jawa bilang, hasil tidak diperoleh secara mak bedunduk alias cuma-cuma. Butuh waktu dan proses untuk mencapainya. Selain itu, diperlukan juga usaha yang sungguh-sungguh.

Tidak menyadari kenyataan ini akan membuat Anda tertekan dan stres manakala impian Anda tidak terwujud.

7.Kondisi fisik dan mental

 Waspadai kondisi kejiwaan Anda karena ia dapat menjadi pemicu stres. Apabila Anda merupakan tipe pemalu atau tidak memiliki kepercayaan diri, maka Anda akan rentan mendapatkan stres. Hal tersebut dikarenakan ketika Anda bertemu dengan orang lain, ada saja sesuatu di diri Anda yang melemahkan kepercayaan diri Anda. Padahal, kehidupan menuntut Anda untuk selalu berinteraksi dengan orang lain.

Selain mental, kondisi fisik juga dapat menjadi tekanan tak tertahankan bagi Anda. kegemukan, tinggi badan yang tidak proporsional, wajah yang tidak menarik dapat menjadi teror yang mengerikan bagi Anda. Hal tersebut mungkin karena Anda menilai kondisi fisik Anda sebagai kekurangan. Penilaian seperti itu, pada ujungnya membuat Anda tidak berskyukur. Anda akan berkutat pada masalah tersebut dan menyalahkan diri sendiri karenanya.

8.Kematian orang-orang tersayang

 Apabila Anda memiliki ikatan emosional yang kuat dengan teman dekat, pasangan, atau keluarga, Anda akan merasa sangat kehilangan manakala salah satu di antara mereka meninggal dunia. Banyak di antara kita yang bahkan kesulitan mengikhlaskan kepergian orang-orang tercinta dan melanjutkan hidup. Kesulitan tersebut merupakan gejala stres karena tidak dapat menerima kenyataan bahwa salah satu orang terkasih telah tiada.

9.Hutang

Hutang juga merupakan salah satu faktor terbesar dalam munculnya stress. Kondisi beban hutang, yang biasanya memiliki bunga tertentu, membuat seseorang harus bekerja keras untuk melunasi hutangnya. Namun demikian, ada kalanya usaha tudak sebanding dengan hasilnya, sehingga kondisi ini menyebabkan seseorang mengalmi stress, yang dapat berujung pada kondisi depresi dan tertekan.

10.Perceraian

Perceraian merupakan salah satu hal yang sering terjadi dan sering sekali diperdebatkan dalam masyarakat kita. Biasanya dengan adanya proses perceraian, akan terjadi efek lainnya yang berkepanjangan, dan salah satunya adalah stress. Seseorang yang mengalami perceraian dapat juga mengalami stress dan bukan tidak mungkin pada akhirnya malahan akan mengalami trauma berkepanjangan mengenai pernikahan kembali.

11.Pertengkaran dengan pasangan

 

jenis stress

Selain perceraian, masalah lain yang dapat menjadi stressor atau penyebab stress adalah masalah pertengkaran dengan pasangan, ataupun dengan sahabat. Hal ini akan menyebabkan seseorang akan mengalami beban pikiran yang hebat setelah mengalami pertengkaran, dan akan menyebabkan munculnya stress.

maka dari itu kamu harus tahu bagaimana cara membuat pasanganmu nyaman

pengunjung juga mencari:

  • arti penyebab gejala stress

Leave a Comment